Senin, 13 Agustus 2012

HUT Esperasta

Hari ulang tahun Sekolah Maria Assumpta dirayakan dengan ibadah misa bersama keluarga TK, SD, dan SMP Maria Assumpta yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Agustus 2012 pukul 07.30 WIB di aula sekolah.


Segenap keluarga besar SMP Maria Assumpta mengucapkan selamat ulang tahun.
TUHAN memberkati.

Humor


SMS GOMBAL
©         Gapapa deh kita beda kartu GSM, asalkan nantinya nama kita ada di KARTU keluarga yang sama.
©         Andai kamu jadi senar gitar, aku nggak mau jadi gitarisnya ah, abisnya aku nggak mau mutusin kamu.
©         Kalo aku jadi Gubernur BI, aku bakal bikin uang yang ada foto kita berdua.
©         Cintaku ke kamu Cuma 1%, yang 99% cinta bangett!
©         Yang kamu liat di kulkas bukan hati sapi, itu hatiku yang beku karena ditinggal kamu!
©         Waktu petugas sensus ke rumahku, dia cuma menghitung ada 4 orang di keluargaku. Dia nggak tau kalo sebenarnya ada kamu dihatiku (jadi ada 5 deh...)


INDOMIE
“Dulu aku beli Indomie 2 bungkus, pas mau jalan ke warung dipanggil ortu sama kakak, mereka latah juga mau makan Indomie, jadi aku beli 6 bungkus Indomie, sampe di warung langsung beli tuh Indomie. Balik ke rumah buru-buru masak air buat rebus Indomie. Aku kan orangnya hormat sama yang lebih tua jadi duluan aja deh ortu sama kakak aku yang makan Indomie, pas giliran Indomieku mau kumasak eh...kompor gasnya abis, aku sedih, kesal, dan dongkol. Tapi tiba-tiba ada tukang bakso lewat, aku beli deh 5 ribu. Indomie yang aku beli tadi aku simpen di kulkas... ternyata enakan bakso daripada Indomie. Ini ceritaku, mana ceritamu?”


KEBIASAAN DI KAMPUNG
Seorang anggota prajurit angkatan laut yang baru saja bertugas beberapa hari di sebuah kapal selam angkatan laut, dipecat dari kesatuannya atas tuduhan menenggelamkan kapal selam bersama awaknya. Ketika diwawancarai wartawan, ia mengaku tidak bersalah. “Waktu kejadian kapal selam itu tenggelam, saya malah sedang bebas tugas, dan sedang bersiap untuk tidur,” kata si pria. “Lantas apa yang kemudian Anda lakukan sebelum tidur?” tanya wartawan. “Ya seperti kebiasaan di kampung ... saya selalu buka jendela sebelum tidur ... abis gerah sih!”


MEMATIKAN KOMPUTER
Agus    : “Hallo Cok, bantuin gue nih, gue baru belajar komputer. Komputer udah gue nyalain, tapi sekarang gue mau matikan, gimana ya caranya?”
Ucok    : “O gampang itu, pertama-tama, kamu pilih dan klik ikon START.”
Agus    : “Mengapa aku harus klik ikon START?”
Ucok    : “Untuk mematikan komputermu kan?”
Agus    : “Jadi aku harus mengklik ikon START untuk MEMATIKAN komputerku? Nggak salah Cok?”
Ucok    : “Lha ... kamu mau matikan komputer tokh ... ikuti saja kata-kataku ... klik ikon START.”
Agus    : “Oke Cok, aku ikuti kata-katamu ... walaupun aneh ... mau matikan tapi pilih ikon START.”
Ucok    : “Udah belum?”
Agus    : “Sudah, lalu?”
Ucok    : “Shut down.”
Agus    : “Cok, jangan kasar-kasar dong, kan gue mau belajar, jangan pakai shut down-shut down dong ... gue juga bisa naik darah nih ...”
 Ucok   : “Lha ... elo mau ngajak gue berantem atau minta tolong diajari matiin komputer? Udah ah ... capek gue ... cabut aja kabelnya ...”


SALAH SANGKA
Ratna adalah seorang ibu rumah tangga yang setia. Dia selalu menunggui suaminya pulang dari kantor dan menyambutnya dengan penuh kasih sayang. Suatu hari, Ratna ingin memasakkan makanan istimewa untuk suaminya. Dia menelpon HP suami untuk menanyakan apa makanan yang diinginkannya hari itu. Ah ... ternyata pulsa Ratna habis. Dia lalu berteriak pada Anton, anaknya yang lagi main Play Station di lantai atas. “Ton ... tolong teleponin HP Papa, pulsa Mama habis nih. Bilang Papa, mau makan apa malam ini.” “Iya Ma,” jawab Anton. Tak lama kemudian Anton turun. “Udah 3 kali Anton telepon, Papa nggak jawab, yang jawab malah cewek,” ujar Anton. Muka Ratna merah padam tapi dia berusaha menahan amarah di depan anaknya. Sore sang suami pulang dan tanpa ba bi bu ... Ratna langsung memukul suaminya dengan sapu rumah tanpa ampun. Sang suami berteriak kesakitan. Ratna tidak peduli, kemarahannya memuncak. Para tetangga berdatangan melerai. Pak RT juga datang. Setelah disabarkan, Ratna menanyakan suaminya siapa wanita selingkuhannya. Sang suami membantah, mereka pun saling tuduh. Akhirnya Anton dipanggil. “Ini saksinya, anakmu. Tiga kali dia telepon HPmu, yang jawab kekasih gelapmu,” ujar Ratna kasar. “Bilang Ton, apa bener kamu denger cewek angkat HP Papa?” “I ... i ... i ... yaaaa Pa,” “Hah bohong kamu! Emang cewek itu bilang apa?” Di ... di ... di ... aa bilang : Nomor yang Anda tuju sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan! Cobalah beberapa saat lagi!!!”

TEBAKAN
Dua orang anak sedang duduk menunggu angkot untuk membawa mereka pulang ke rumah.
Bagus          : “ Gas sambil nunggu  aku kasih pertanyaan ya?’
Bagas          : Boleh-boleh
Bagus          : “ Siapa nama orang Jepang yang lahir di puncak Gunung Merapi saat gunung meletus?”
Bagas          : Ah…..gampang, jawabannya Kurasa Takada
Bagus          : Hebat kau!, oke satu pertanyaan lagi ya?
Bagas          : Aku siap, apa pertanyaannya!
Bagus          : Ok. “ Apa bukti wortel baik untuk kesehatan mata?
Bagas          : Ha….ha......., Pernah lihat kelinci pake kacamata?
Bagus          : Wa..ah kamu bisa lagi ya! Satu lagi dech. Kenapa anak kodok jalannya loncat-loncat?
Bagas          : Ya, biarin sajalah, namanya juga anak-anak, ha…ha………….
Bagus          : Waduh….. kamu pintar sekali Gas!
Bagas          : Ya iyalah aku kan anak SMP Maria Assumpta ……

English Corner

CHESS


I

INTRODUCTION
Chess, game of skill and strategy between two people, played using specially designed pieces on a square board comprised of 64 alternating light and dark squares in eight rows of eight squares each. Chess, with a history that extends back thousands of years, is a popular game played around the world.
II

HOW CHESS IS PLAYED
In chess each player controls an army comprised of eight pawns and eight pieces: one king, one queen, two rooks (sometimes called “castles”), two bishops, and two knights. Although the term pieces is sometimes used to refer to all 16 chess figures, it technically does not refer to pawns. The two armies are of contrasting colors, one light and the other dark, and are always called White and Black regardless of their actual colors. The vertical columns on the board that extend from one player to the other are called files, and the horizontal rows are called ranks. The diagonal lines across the board are called diagonals.
A

Initial Setup
The board is always placed for play with a light square in the corner to the right of each player. White’s pieces are set up on White’s first rank from left to right in the following order: rook, knight, bishop, queen, king, bishop, knight, rook. Black’s pieces are set up on Black’s first rank from left to right in the order of rook, knight, bishop, king, queen, bishop, knight, rook. The pieces face their exact counterparts at opposite ends of the board, and each queen stands on a square of its own color. The pawns are placed on the second rank of each player, directly in front of the pieces.
B

Moves of the Pieces
White always moves first, and the players then alternate turns. A move consists of transferring a man to another square that is either vacant or occupied by an opponent’s man. If it is occupied, the opponent’s man is captured (removed from the board and replaced by the capturing man). The only exception is the king, which is never captured (see Object of the Game below). A move to capture is not required unless it is the only possible move.
Only one piece may be moved each turn except when castling (see below). All pieces except the knight move along straight, unobstructed paths; only the knight may move over or around other pieces. The king moves one square in any direction, but not to a square that is attacked by an enemy piece—that is, a square to which an enemy piece can go on the next move. The queen moves as far as desired in any uninterrupted direction. The rook moves as far as desired in any horizontal or vertical direction. The bishop moves as far as desired in any diagonal direction, but is confined to squares of the color on which it began the game. The knight moves a distance of exactly two squares to a square of the opposite color. The path of the move resembles the letter L—two squares horizontally or vertically combined with one square at a right angle. The knight may go over or around any piece in its way.
B1

Castling
A player may move more than one man during a turn only when castling, a special maneuver involving the king and one rook. In castling, the king moves two squares to the left or right, and the rook on that side moves to the square next to the king on the opposite side. Castling is allowed only if (1) the king has not yet moved during the game and is not threatened; (2) the rook on the castling side has not yet moved during the game; (3) the squares between the king and that rook are vacant; (4) the king does not pass through or end its move on a square that is attacked by an enemy piece.
B2

Moves of the Pawns
Each pawn, on its first move only, may move straight ahead either one or two squares to a vacant square. After that it may advance only one square at a time. Pawns, unlike the other pieces, do not capture in the direction they move but capture diagonally one square forward. When a pawn advances two squares on its first move and lands next to an opponent’s pawn that is on an adjacent file and the same horizontal row, the opponent’s pawn may capture it as if it had advanced only one square. This capture is known by its French name, en passant (“in passing”). An en passant capture must be carried out immediately or not at all (though the advancing pawn may later be captured in the normal fashion).
When a pawn reaches the last rank on the opposing side of the board, it is promoted—that is, converted to any other piece of the same color (except another pawn or the king). The powers of the new piece take effect immediately. Since a pawn is usually promoted to the strongest piece—the queen—the move is often called queening. The number of possible promotions is limited only by the number of pawns of each player. A player may have two or more queens or other pieces at the same time.

Microsoft ® Encarta ® 2009. © 1993-2008 Microsoft Corporation. All rights reserved.

Profil Siswa


 ANGELLINA TRISNO PUTRI
Nama Lengkap                              :  Angellina Trisno Putri
Tempat & Tanggal lahir          :  Klaten, 5 Maret 1997
Alamat                                                :  Jetis, Klaten Selatan
Motto Hidup                                  :  Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin

Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan teman kita satu ini, sang Master Matematika SMP Maria Assumpta Klaten. Bener banget, dia adalah Angellina Trisno Putri siswi kelas 9A yang biasa dipanggil Putri. Putri merupakan satu dari generasi muda yang luar biasa berprestasi terutama dalam bidang Matematika. Sudah banyak kompetisi yang diikutinya mulai dari tingkat Kabupaten sampai tingkat Nasional dan beberapa kali berhasil membawa pulang piala kejuaraan, diantaranya :
1.        Juara 1 Lomba Matematika SMP Tingkat Kabupaten Klaten
2.       Juara 2 Lomba Aritmatika SMP Se-Karesidenan Surakarta
3.       Juara 3 Lomba Basic Science SMP Tingkat Kabupaten Klaten di SMA N 1 Klaten
4.      Mewakili Kabupaten Klaten untuk Olimpiade OSN Tingkat Propinsi Jawa Tengah
5.       Semifinalis Lomba Matematika SMP Se – Jawa Tengah di UNDIP
6.      Semifinalis Lomba Matematika Tingkat Nasional di SMA Taruna Nusantara Magelang
Wah ... banyak banget ya prestasi Putri. Meskipun Putri memiliki banyak prestasi tetapi dia tidak sombong, tetap rendah hati, ramah, dan baik kepada semua teman dan guru.
Kesan Putri selama belajar di ESPERASTA lebih banyak sukanya meskipun ada juga pengalaman yang kurang menyenangkan tetapi diambil positifnya sebagai pelajaran buat hidup kita.
Semoga prestasi yang diraih Putri bisa menjadi inspirasi untuk kita terbang tinggi meraih cita-cita demi masa depan.

Profil Guru


Nama lengkap                      : Ig. Supatno
Tempat, Tanggal lahir        : Klaten, 18 Januari 1958
Motto hidup                         : Indah pohon karena bunga, indah manusia karena budi.
Alamat rumah                      : Ngrundul, Kebonarum, Klaten
No HP                                    : 085878332959 ; 082133508889 ; 087734571317
Alumni                                   : 1.   SD Demak Ijo I Karangnongko, Klaten
2. SMP Negeri 2 Klaten
3.     Sekolah Menengah Olahraga Atas
4.    UTP (Universitas Tunas Pembangunan), jurusan POK (Pendidikan Olahraga Kesehatan Pelatihan)
Bapak Ig. Supatno adalah guru olahraga yang merangkap menjadi Kakak Pembina Pramuka di SMP kita yang tercinta. Beliau kerap disapa / dipanggil dengan sebutan Pak Patno. Pak Patno bekerja di SMP Maria Assumpta selama 33 tahun. Tujuan beliau mengajarkan olahraga di SMP Maria Assumpta adalah membentuk anak supaya menjadi siswa-siswi yang disiplin dan bertanggung jawab, serta mengendalikan tingkah laku para anak didiknya yang tidak baik untuk menjadi siswa-siswi yang baik. Beliau pun berpendapat bahwa kelakuan siswa selama kegiatan belajar mengajar itu menyenangkan (ada yang serius, yang tidak serius juga iya deh, hehehe..). Dalam mengajar siswa beliau pernah membawa nama sekolah kita sebagai juara 1 sepeda santai (yang disebutin prestasi cuma 1 saja?? iya...soalnya yang lain sudah lupa whahaha....). Beliau juga memiliki kesan yang mendalam saat mengajar yaitu adanya pribadi-pribadi yang unik, yang membuat berkesan sehingga sering merasa kangen terhadap tingkah laku siswa-siswinya. Dalam mengajar beliau juga punya beberapa peristiwa yang berkesan selama perjalanan beliau mengajar. Peristiwa yang tidak dapat dilupakan yaitu saat bermain kiper, saking senangnya siswa berlari-lari sambil berjingkrak-jingkrak dan setelah sampai dibelakang, beliau tiba-tiba beliau diangkat. Oh iya pak Patno juga berpesan kepada siswa-siswinya agar mereka belajar dengan baik dan giat dibidang apa saja agar cita-citanya tercapai tetapi juga harus dilandasi dengan rasa senang hati dan rasa tanggung jawab atas tindakan yang dilakukan. Nah teman-teman pesan dari Pak Patno itu adalah penutup untuk bagian dari profil guru di majalah sekolah kita (bisma) semoga kalian bisa meneladani pribadi Pak Patno ya.

Menjadi Seorang Sahabat


Oleh: Yustina DA
Ada yang bilang bahwa sahabat adalah teman akrab yang selalu bersama saat suka dan duka.
Siapa saja bisa menjadi sahabat, entah teman sekolah, teman bermain di rumah, ataupun teman les. Biasanya memang teman sekelas. Padahal Ayah atau Ibu juga bisa jadi sahabat lho.
Kamukah sahabatku?
            Persahabatan akan menyenangkan dan bertahan lama bila saling menyayangi, saling mengerti, dan membutuhkan. Seorang sahabat bukan hanya sebagai pendengar setia dan orang yang selalu siap menolong serta berkorban untukmu.          Sahabat adalah orang yang paling kita percaya, tempat curhat, dan tempat berbagi.
            Tidak mudah menjadi seorang sahabat, juga tidak mudah menemukan seorang sahabat setia. Sebuah persahabatan bisa putus hanya karena masalah-masalah sepele. Bahkan, kita merasa sakit hati serta tidak bisa memaafkannya.
            Nah, siapkah kamu menjadi seorang sahabat yang baik, terutama saat sahabatmu mengalami kesedihan dan kesulitan?
Menjadi sahabat itu:
Y   Pandai menjaga perasaan
Pada saat tertentu harus siap mendengarkan keluhan dan kesedihan walau terasa membosankan, menjengkelkan, menyebalkan, dan melelahkan.
Y   Tetap pribadi yang bebas
Bersahabat tidak berarti selalu kompak dan sehati. Masing-masing boleh menentukan pendapat dan keinginan walau tidak cocok dengan keinginan kita.

Y   Mudah memaafkan
Setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dengan selalu melihat kebaikan-kebaikannya, kita bisa memaafkan.
Y   Tidak mengekang kebebasan
Tidak mengekang kebebasan untuk tetap berteman dan bergaul dengan orang lain. Lebih asyik lagi kalau semua temannya menjadi temanmu juga.
Y   Mendukung sahabat berkembang
Mendukung sahabat berkembang dan tetap aktif dalam hobi dan kegiatan. Bahkan selalu memberinya semangat untuk berprestasi.
Y   Jangan menjadikan musuhnya
Jangan menjadikan musuhnya sebagai musuhmu. Justru sebaliknya, cari jalan untuk mendamaikan.
Bagaimana? Siapkah kamu menjadi seorang sahabat atau mempunyai seorang sahabat?

                                                                                
Sumber : KOMPAS, Minggu 25 Maret 2012

Cahmpionship



Kejuaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA)
SMP Maria Assumpta kali ini patut berbangga dengan banyaknya prestasi akademik dan non akademiknya. Salah satu prestasi non akademiknya adalah olahraga. Dalam bidang ini SMP Maria Assumpta mengirimkan muridnya untuk mengikuti kegiatan POPDA (Pekan Olahraga Pelajar Daerah). Mulai dari cabang olahraga atletik, sepak bola, dan basket diikuti oleh utusan murid SMP Maria Assumpta.
Tidak mudah untuk mengikuti kegiatan ini, karena waktu belajar efektif di sekolah tersita oleh acara seleksi POPDA. Tetapi dengan usaha dan semangat, halangan tersebut tidak menjadi masalah berarti.
Dari sekian banyak cabang olahraga, basketlah yang menjadi pusat pandangannya. Salah satu murid SMP Maria Assumpta yang mengikuti POPDA Basket adalah Mikael Mahendra Buyung Wirasukma. Teman kita yang sering dipanggil Buyung ini sekarang duduk di kelas 8A. Dia memang sangat menyukai olahraga basket, ini dibuktikan dengan keikutsertaannya dalam ekstakurikuler basket dan sering mengikuti kompetisi bola basket bersama tim basket SMP Maria Assumpta STAMA.
Ikutnya Buyung dalam POPDA kali ini termasuk mendadak dan tanpa persiapan. Karena apa? Dengan tidak sengaja teman kita ini bertemu dengan guru olahraga SMP Maria Assumpta yaitu Bapak Ig. Supatno dan saat itu juga beliau berkata, “Yung, besok ikut seleksi POPDA ya!”. Karena belum siap, Buyung sempat ragu dan akhirnya bersedia mengikuti POPDA.
Seleksi pun dilaksanakan. Pada waktu rehat setelah seleksi, pelatih mengumumkan pemain yang akan mewakili Klaten Tengah di POPDA Kecamatan. Nama “Buyung” pun dipanggil dan artinya Buyung bersama tim gabungan sekolah-sekolah di Klaten Tengah mewakili Kecamatan Klaten Tengah dalam POPDA Kecamatan.
Pertandingan POPDA Kecamatan dilangsungkan dengan waktu yang sangat berdekatan. Dengan harus selalu berjuang, pertandingan dilalui. Pertandingan pertama, Klaten Tengah melawan Klaten Selatan. Dengan selalu tidak menganggap remeh musuh, tim Klaten Tengah berjuang maksimal. Hasilnya pun tidak sia-sia, skor 26-6 untuk Klaten Tengah menjadi penyemangat tim Klaten Tengah untuk berjuang terus.
Pertandingan kedua melawan Pedan. Menghilangkan rasa remeh pun menjadi cara ampuh untuk berjuang maksimal. Saat pertandingan, tim Klaten Tengah mendominasi, tetapi ada sedikit insiden ketika salah satu dari pemain tim Pedan memprotes panitia karena dia merasa bahwa salah satu dari pemain tim Klaten Tengah ada yang tidak memenuhi syarat. Percekcokan terjadi dan dapat diredam oleh salah satu pelatih tim Klaten Tengah. Keputusan panitia untuk mendiskualifikasi tim Klaten Tengah menjadi pukulan tersendiri. Tetapi sebagai pemain sportif, kita terima dengan lapang dada dan rendah hati.
Satu hari berikutnya, ada kabar dari tim pelatih yang mengundang Buyung untuk mengikuti seleksi tingkat Kabupaten / Karesidenan. Rasa kecewa terhadap pertandingan sebelumnya menjadi hilang dengan kabar itu.
Seleksi dilaksanakan, tetapi seleksi kali ini diikuti oleh seluruh SMP di Kabupaten Klaten. Seleksi kali ini lebih berat dari seleksi sebelumnya. Tetapi, teman kita, Buyung tetap berjuang keras. Seleksi hanya mengambil 9 pemain dari 20 yang mengikuti seleksi. Nama “Buyung” terdengar lagi dan artinya lolos untuk mewakili Klaten dalam POPDA Karesidenan. Rasa gembira dirasakan Buyung dan tim Klaten.
Pertandingan POPDA Karesidenan ini dilaksanakan di Solo. Maka, tim Klaten berangkat ke Solo dengan bis Dinas Kebudayaan dan Olahraga Klaten. Dengan perjuangan penuh pertandingan pertama, kedua dan ketiga tim Klaten menangkan. Saat final, bertemu tuan rumah, Solo. Tim Klaten sempat pesimis, dan rasa pesimisme tim itu menular ke lapangan yang mengakibatkan Tim Klaten akhirnya tidak bisa melanjutkan ke Tingkat Provinsi.
Tetapi dengan pelajaran ini, kita harus serius dan fokus akan apa yang menjadi kegemaran kita. Dengan cara itu kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan dengan maksimal dan juga tidak meremehkan hal sekecil apapun untuk menjadi seorang JUARA! So, my friends! Let’s reach your dream! Don’t give up and focus! Let’s flying high!

Open House


Sobat bisma yang terkasih..
Tahun ini sekolah kita mengadakan even akbar yang diadakan setiap 2 tahun sekali. Acaranya seru abis lho..keren banget.. Mau tau apa aja acaranya? Yuk kita lihat kegiatan OPEN HOUSE yang tepatnya diadakan pada hari Minggu, 26 Februari 2012. Pembukaan Open House kali ini dimeriahkan oleh Drum Band Santa Ursula dari SMP MARIA ASSUMPTA kemudian dilanjutkan penerbangan balon oleh Sr. Jeannette Krista, OSU. Dalam balon tersebut ada semacam voucher yang dapat di tukarkan dengan uang sebesar Rp 300.000,00. Menarik banget kan?  Setelah itu acara dilanjutkan dengan penampilan dari semua Ekstrakulikuler yang ada di sekolah kita yaitu Modern Dance, Kulintang, dan Band . Dalam area OPEN HOUSE ada bazar makanan dan minuman. Ada juga pakaian pantas pakai yang dijual oleh kakak-kakak kelas kita kelas 9 dan juga sembako yang dijual oleh panitia dengan harga lebih murah. Pameran hasil karya semua kelas yang terdiri dari hasil kerajinan tangan, matapelajaran, seni lukis, dan ekstrakulikuler juga ditampilkan lho. Setiap kelas juga wajib menampilkan game kelas. Game yang ditampilkan yaitu Gua Hantu, Labirin Hantu, Bowling, Asah Otak, dan masih banyak lagi. Ada juga olimpiade Matematika, IPS, dan IPA untuk adik- adik kita kelas 6.


Smada Cup


Hai sobat bisma...
Perkenalkan nih tim basket kita STAMA yang baru saja mengikuti turnamen basket SMADA CUP. Meskipun belum meraih juara tapi permainan temen-temen kita keren-keren lho..








Pojok Rohani


RAIH MASA DEPANMU!
Dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.
Efesus 5 : 16

Akhir - akhir ini kalangan anak muda sangat gemar dengan salah satu situs jaringan sosial Facebook. Namun berdasarkan survei yang dilakukan Aryn Karpinski, peneliti pendidikan Ohio State University, mahasiswa pengguna situs jaringan sosial Facebook memiliki peringkat yang lebih rendah di kampus daripada yang tidak menggunakannya. Dalam penelitiannya, Karpinski menemukan bahwa pengguna Facebook pada mahasiswa sekitar 85 %, sedangkan pengguna Facebook yang telah lulus kuliah sekitar 52%. Dalam penelitian itu juga ditemukan bahwa mahasiswa pengguna Facebook memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) paling tinggi antara 3,00 – 3,50, sedangkan yang tidak menggunakan Facebook bisa lebih tinggi, yaitu antara 3,500 – 4,00. Para pengguna situs Facebook tersebut juga memiliki waktu belajar antara 1 – 5 jam per minggu, sedangkan yang tidak menggunakan Facebook memiliki waktu belajar hingga 11 – 15 jam per minggu.
Fakta ini hendaknya menjadi perhatian bagi kita semua, khususnya bagi anak muda dalam meningkatkan prestasi dan masa depan yang baik. Fasilitas teknologi bisa menghasilkan dampak positif dan negatif. Dan pilihan untuk memperoleh hasil yang positif atau negatif ditentukan oleh kita sendiri. Jika kita memanfaatkan sarana yang ada dari segi positifnya maka hal itu akan sangat menguntungkan, kualitas pendidikan bisa meningkat karena dengan mudah bisa memperoleh informasi, ilmu, dsb. Namun jika melihat faktanya, ada banyak anak muda kehilangan waktunya untuk hal-hal yang kurang berguna. Padahal masa muda seharusnya menjadi masa untuk mempersiapkan masa depan yang baik karena masa muda memiliki tingkat energi dan keefektifan belajar yang tinggi. Tetapi sangat disayangkan, hal ini sering menjadi permasalahan pokok bagi anak muda, khususnya dalam hal pengaturan waktu. Firman Tuhan memang menjanjikan hari depan yang penuh harapan pada
setiap anak-anakNya. Tetapi janji ini hanya berlaku bagi setiap anak muda yang mau merespons janji tersebut, respons untuk menghargai dan menggunakan waktu dan segala sesuatu yang ada dengan sebaik-baiknya. Sebagai anak muda yang bertanggung jawab atas masa depan, maka kita harus mampu mengalahkan segala sertifikat kemalasan dan kecenderungan untuk menikmati masa muda dengan cara yang tidak bermanfaat melalui pemborosan waktu yang sia-sia dengan tenggelam pada kecanggihan teknologi yang salah arah.
Kita hidup pada zaman dimana segala kecanggihan teknologi berkembang pesat, sehingga tingkat kebaikan dan kejahatan juga sama-sama berpotensi untuk berkembang. Jadi, adalah bijak jika kita sebagai anak muda mampu memberdayakan sarana teknologi dari sisi positifnya. Mari menjadi anak muda yang bertanggung jawab atas karya yang Tuhan anugerahkan melalui kecanggihan teknologi. Pergunakan semua yang ada dengan sebaik-baiknya untuk menjadi kemuliaan bagi nama Tuhan melalui prestasi yang baik!

-Mansor-

Mutiara Kata


Banyak orang menyerah ketika mereka hampir mencapai cita-cita mereka; sebaliknya beberapa orang yang lain mendapat kemenangan karena semakin bergairah ketika mencapai saat-saat terakhir. POLYBIUS

Jika tindakan-tindakanmu menginspirasi orang-orang lain untuk bermimpi lebih jauh, belajar lebih dalam, melakukan lebih banyak dan menjadi lebih baik, maka sesungguhnya Anda seorang pemimpin. JOHN QUINCY ADAMS

Dia yang tidak pernah belajar untuk tunduk dan taat, tidak dapat menjadi pemimpin yang baik. ARISTOTLE

Saya lebih suka impian di masa depan daripada sejarah yang telah lalu. PATRICK HENRY

Jika kita tidak menanam pengetahuan di saat muda, maka saat kita tua, tidak akan ada tempat untuk berteduh. LORD CHESTERFIELD.

Jangan takut jika perkembangan terasa lambat, takutlah hanya jika kita berdiam diri di tempat saja. PERIBAHASA CINA.

Semangat dan ketekunan menundukkan semua hal. BENJAMIN FRANKLIN.

Aku menghancurkan jembatan-jembatan yang berada di belakangku... karenanya tidak ada pilihan lain kecuali bergerak maju. FIRDTJOF NANSEN.

Selalu berusahalah dengan keras untuk menambahkan anak-anak tangga pada tangga kehidupanmu. NN.

Waktu dan gelombang tidak pernah menunggu manusia. GEOFFREY CHAUCER.

Waktu dan ruang adalah bagian dari hal yang tidak terbatas untuk digunakan oleh ciptaan-ciptaan yang terbatas. HENRI FREDERIC AMIEL.

Dalam setiap hal, sesuatu tujuan yang dipikirkan dengan sebaik-baiknya akan merupakan rahasia kelanggengan sukses. VICTOR COUSINS.

Menentukan tujuan adalah langkah awal di dalam membuat apa yang tidak terlihat menjadi sebuah kenyataan. TONNY ROBBINS.