Senin, 13 Agustus 2012

Pojok Rohani


RAIH MASA DEPANMU!
Dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.
Efesus 5 : 16

Akhir - akhir ini kalangan anak muda sangat gemar dengan salah satu situs jaringan sosial Facebook. Namun berdasarkan survei yang dilakukan Aryn Karpinski, peneliti pendidikan Ohio State University, mahasiswa pengguna situs jaringan sosial Facebook memiliki peringkat yang lebih rendah di kampus daripada yang tidak menggunakannya. Dalam penelitiannya, Karpinski menemukan bahwa pengguna Facebook pada mahasiswa sekitar 85 %, sedangkan pengguna Facebook yang telah lulus kuliah sekitar 52%. Dalam penelitian itu juga ditemukan bahwa mahasiswa pengguna Facebook memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) paling tinggi antara 3,00 – 3,50, sedangkan yang tidak menggunakan Facebook bisa lebih tinggi, yaitu antara 3,500 – 4,00. Para pengguna situs Facebook tersebut juga memiliki waktu belajar antara 1 – 5 jam per minggu, sedangkan yang tidak menggunakan Facebook memiliki waktu belajar hingga 11 – 15 jam per minggu.
Fakta ini hendaknya menjadi perhatian bagi kita semua, khususnya bagi anak muda dalam meningkatkan prestasi dan masa depan yang baik. Fasilitas teknologi bisa menghasilkan dampak positif dan negatif. Dan pilihan untuk memperoleh hasil yang positif atau negatif ditentukan oleh kita sendiri. Jika kita memanfaatkan sarana yang ada dari segi positifnya maka hal itu akan sangat menguntungkan, kualitas pendidikan bisa meningkat karena dengan mudah bisa memperoleh informasi, ilmu, dsb. Namun jika melihat faktanya, ada banyak anak muda kehilangan waktunya untuk hal-hal yang kurang berguna. Padahal masa muda seharusnya menjadi masa untuk mempersiapkan masa depan yang baik karena masa muda memiliki tingkat energi dan keefektifan belajar yang tinggi. Tetapi sangat disayangkan, hal ini sering menjadi permasalahan pokok bagi anak muda, khususnya dalam hal pengaturan waktu. Firman Tuhan memang menjanjikan hari depan yang penuh harapan pada
setiap anak-anakNya. Tetapi janji ini hanya berlaku bagi setiap anak muda yang mau merespons janji tersebut, respons untuk menghargai dan menggunakan waktu dan segala sesuatu yang ada dengan sebaik-baiknya. Sebagai anak muda yang bertanggung jawab atas masa depan, maka kita harus mampu mengalahkan segala sertifikat kemalasan dan kecenderungan untuk menikmati masa muda dengan cara yang tidak bermanfaat melalui pemborosan waktu yang sia-sia dengan tenggelam pada kecanggihan teknologi yang salah arah.
Kita hidup pada zaman dimana segala kecanggihan teknologi berkembang pesat, sehingga tingkat kebaikan dan kejahatan juga sama-sama berpotensi untuk berkembang. Jadi, adalah bijak jika kita sebagai anak muda mampu memberdayakan sarana teknologi dari sisi positifnya. Mari menjadi anak muda yang bertanggung jawab atas karya yang Tuhan anugerahkan melalui kecanggihan teknologi. Pergunakan semua yang ada dengan sebaik-baiknya untuk menjadi kemuliaan bagi nama Tuhan melalui prestasi yang baik!

-Mansor-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar