Senin, 13 Agustus 2012

Cahmpionship



Kejuaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA)
SMP Maria Assumpta kali ini patut berbangga dengan banyaknya prestasi akademik dan non akademiknya. Salah satu prestasi non akademiknya adalah olahraga. Dalam bidang ini SMP Maria Assumpta mengirimkan muridnya untuk mengikuti kegiatan POPDA (Pekan Olahraga Pelajar Daerah). Mulai dari cabang olahraga atletik, sepak bola, dan basket diikuti oleh utusan murid SMP Maria Assumpta.
Tidak mudah untuk mengikuti kegiatan ini, karena waktu belajar efektif di sekolah tersita oleh acara seleksi POPDA. Tetapi dengan usaha dan semangat, halangan tersebut tidak menjadi masalah berarti.
Dari sekian banyak cabang olahraga, basketlah yang menjadi pusat pandangannya. Salah satu murid SMP Maria Assumpta yang mengikuti POPDA Basket adalah Mikael Mahendra Buyung Wirasukma. Teman kita yang sering dipanggil Buyung ini sekarang duduk di kelas 8A. Dia memang sangat menyukai olahraga basket, ini dibuktikan dengan keikutsertaannya dalam ekstakurikuler basket dan sering mengikuti kompetisi bola basket bersama tim basket SMP Maria Assumpta STAMA.
Ikutnya Buyung dalam POPDA kali ini termasuk mendadak dan tanpa persiapan. Karena apa? Dengan tidak sengaja teman kita ini bertemu dengan guru olahraga SMP Maria Assumpta yaitu Bapak Ig. Supatno dan saat itu juga beliau berkata, “Yung, besok ikut seleksi POPDA ya!”. Karena belum siap, Buyung sempat ragu dan akhirnya bersedia mengikuti POPDA.
Seleksi pun dilaksanakan. Pada waktu rehat setelah seleksi, pelatih mengumumkan pemain yang akan mewakili Klaten Tengah di POPDA Kecamatan. Nama “Buyung” pun dipanggil dan artinya Buyung bersama tim gabungan sekolah-sekolah di Klaten Tengah mewakili Kecamatan Klaten Tengah dalam POPDA Kecamatan.
Pertandingan POPDA Kecamatan dilangsungkan dengan waktu yang sangat berdekatan. Dengan harus selalu berjuang, pertandingan dilalui. Pertandingan pertama, Klaten Tengah melawan Klaten Selatan. Dengan selalu tidak menganggap remeh musuh, tim Klaten Tengah berjuang maksimal. Hasilnya pun tidak sia-sia, skor 26-6 untuk Klaten Tengah menjadi penyemangat tim Klaten Tengah untuk berjuang terus.
Pertandingan kedua melawan Pedan. Menghilangkan rasa remeh pun menjadi cara ampuh untuk berjuang maksimal. Saat pertandingan, tim Klaten Tengah mendominasi, tetapi ada sedikit insiden ketika salah satu dari pemain tim Pedan memprotes panitia karena dia merasa bahwa salah satu dari pemain tim Klaten Tengah ada yang tidak memenuhi syarat. Percekcokan terjadi dan dapat diredam oleh salah satu pelatih tim Klaten Tengah. Keputusan panitia untuk mendiskualifikasi tim Klaten Tengah menjadi pukulan tersendiri. Tetapi sebagai pemain sportif, kita terima dengan lapang dada dan rendah hati.
Satu hari berikutnya, ada kabar dari tim pelatih yang mengundang Buyung untuk mengikuti seleksi tingkat Kabupaten / Karesidenan. Rasa kecewa terhadap pertandingan sebelumnya menjadi hilang dengan kabar itu.
Seleksi dilaksanakan, tetapi seleksi kali ini diikuti oleh seluruh SMP di Kabupaten Klaten. Seleksi kali ini lebih berat dari seleksi sebelumnya. Tetapi, teman kita, Buyung tetap berjuang keras. Seleksi hanya mengambil 9 pemain dari 20 yang mengikuti seleksi. Nama “Buyung” terdengar lagi dan artinya lolos untuk mewakili Klaten dalam POPDA Karesidenan. Rasa gembira dirasakan Buyung dan tim Klaten.
Pertandingan POPDA Karesidenan ini dilaksanakan di Solo. Maka, tim Klaten berangkat ke Solo dengan bis Dinas Kebudayaan dan Olahraga Klaten. Dengan perjuangan penuh pertandingan pertama, kedua dan ketiga tim Klaten menangkan. Saat final, bertemu tuan rumah, Solo. Tim Klaten sempat pesimis, dan rasa pesimisme tim itu menular ke lapangan yang mengakibatkan Tim Klaten akhirnya tidak bisa melanjutkan ke Tingkat Provinsi.
Tetapi dengan pelajaran ini, kita harus serius dan fokus akan apa yang menjadi kegemaran kita. Dengan cara itu kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan dengan maksimal dan juga tidak meremehkan hal sekecil apapun untuk menjadi seorang JUARA! So, my friends! Let’s reach your dream! Don’t give up and focus! Let’s flying high!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar